Seputar informasi tentang aneka ragam olahraga

Beberapa Teknik Dasar Passing yang Harus Dikuasai Pemain Voli

Permainan bola voli memang mengasyikkan. Dan dalam permainan bola voli, pastinya ada aturan-aturan yang harus diikuti agar permainan bisa fair dan menyenangkan. Selain itu agar bisa memperoleh angka lebih banyak, atau kemenangan secara maksimal, tentu ada teknik-teknik yang idealnya harus dikuasai pula.

Dan dari sekian banyak teknik permainan bola voli, salah satunya yang harus anda kuasai adalah teknik passing. Teknik passing berguna untuk mempersiapkan sebuah tim dalam membangun sebuah serangan. Passing adalah tindakan mengoperkan bola pada rekan satu tim atau pun membelokkan bola lawan untuk diumpankan pada rekan satu tim untuk selanjutnya diolah menjadi suatu serangan.



Teknik passing bawah & teknik passing atas

Ada dua jenis teknik passing, yaitu teknik passing bawah dan teknik passing atas. Berikut ini, adalah penjelasannya.

Teknik passing bawah

Dalam permainan bola voli, teknik passing bawah umumnya digunakan untuk langkah awal dalam membangun serangan ke pihak lawan tanding, dilakukan dengan cara mengoperkan bola ke rekan satu tim. Lebih jauh daripada itu, passing bawah juga dilakukan sebagai tindakan defensif atau pertahanan tim dari serangan bola lawan.

Ada beberapa sikap yang perlu dilakukan agar teknik passing bawah bisa dilakukan dengan efektif, yaitu:

· Ambil posisi siaga, berdiri dengan kaki sejajar, terbuka selebar bahu. Rendahkan kedua posisi lutut, sehingga berat badan tertumpu pada ujung depan kedua kaki.

· Selanjutnya luruskan dan rapatkan kedua lengan di muka badan dengan kedua ibu jari sejajar dan mata memusatkan pandangan ke arah datangnya bola. Pada tahap ini, kedua tangan anda akan saling mengepal, dengan urutan seperti terlihat pada gambar berikut



· Sambut datangnya bola dengan dorongan kedua lengan ke depan, ke arah datangnya bola. Bersamaan dengan itu angkat lutut dan pinggul anda ke atas hingga tumit terangkat. Usahakan agar jatuhnya bola tepat pada pertengahan badan dan tepat mengenai lengan bawah, sedikit di atas pergelangan tangan atas.

· Terakhir, arahkan bola ke pemain yang anda anggap paling strategis posisinya untuk membangun serangan.


Teknik passing atas

Dalam permainan bola voli, teknik passing atas dilakukan saat bola yang datang lebih tinggi daripada kepala penerima bola. Teknik passing atas biasanya digunakan untuk mengumpan seorang smasher untuk melakukan smash ke arah lawan tanding.

Berikut ini adalah beberapa tahap yang perlu diperhatikan pada saat melakukan teknik passing atas:

· Ambil posisi seperti saat akan melakukan teknik passing bawah: berdiri kaki sejajar dan terbuka selebar bahu. Kedua posisi lutut sedikit ditekuk sehingga berat badan bertumpu pada ujung depan kedua kaki.

· Pada saat bola datang, saat itu juga posisikan tubuh di bawah bola sambil mengangkat kedua tangan dengan lengan sedikit ditekuk, sementara itu posisi masing-masing telapak tangan membentuk setengah bola dengan jari-jari sedikit merenggang. Dekatkan masing-masing ibu jari dan telunjuk hingga membentuk pola segitiga atau setengah lingkaran.

· Pada saat bola tepat berada di atas badan, posisikan tangan yang telah membentuk formasi sebelumnya di bawah bola sembari sedikit menekuk siku atau pergelangan tangan. Perkirakan agar bola jatuh tepat pada jari-jari tangan dan saat bola menyentuhnya, sedikit tegangkan jari-jari agar bola bisa memantul dengan lancar. Dorong bola dengan menggerakkan pergelangan tangan dan meluruskan siku hingga tumit terangkat. Titik tumpu utama dorongan adalah ibu jari, telunjuk, serta jari tengah.

· Arahkan bola pada rekan anda untuk kemudian menjadi sumber pembangun serangan.

Nah, semoga bermanfaat.

Beberapa Teknik Dasar Passing yang Harus Dikuasai Pemain Voli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendi Surahman

0 comments:

Post a Comment