Seputar informasi tentang aneka ragam olahraga

Mengenal 4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Permainan bola voli merupakan permainan kolektif yang juga mengandalkan kemampuan individu. Secara kolektif, permainan ini merupakan permainan tim, dimana ada dua tim yang saling bertanding memperebutkan poin nilai. tim ini akan bekerja kolektif untuk saling mengalahkan, mendapatkan poin nilai 25 secara lebih cepat.

Walau begitu, kemampuan tim membentuk formasi atau melakukan taktik harus pula dilandasi oleh kemampuan individu dari masing-masing anggota timnya. Ada beberapa teknik dasar yang perlu dipahami dan dikuasai secara mendalam oleh setiap pemain voli: teknik serve (servis), teknik, passing, teknik blocking, serta teknik smashing/spiking. Berikut ini adalah penjelasannya.


1. Serve

Serve atau servis adalah pukulan bola dari salah satu tim ke tim lain dari bagian belakang lapangan. Tujuanannya adalah sebagai pembuka permainan atau menyajikan bola. Pada saat ini, servis bukan hanya untuk mengoperkan bola ke pihak lawan, namun juga sebagai serangan pertama ke pihak lawan.

Secara umum servis dibedakan menjadi Servis Tangan Bawah dan Servis Tangan Atas.

Servis Tangan Bawah umum dilakukan oleh para pemula, karena tidak terlalu memerlukan banyak tenaga. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa posisi lengan harus lurus dan telapak tangan membuka ke depan saat memukul bola.

Servis Tangan Atas. Servis tangan atas memiliki beberapa tipe servis, seperti servis tennis, servis cekis, dan servis mengapung. Yang perlu diperhatian pada saat srvis ini adalah bahwa setelah biola dilempar hingga sekitar ½ meter di atas kepala,kemudian pukul bola dengan telapak tangan yang mengarah ke depan, setelah sebelumnya diayunkan ke atas dan ke belakang kepala. Sedangkan serving mengapung (floating serve) yang luncurannya mengambang (tidak berputar) sangat cocok untuk pemain voli perempuan.

2. Passing

Passing adalah teknik mengoper bola ke rekan satu tim untuk membangun serangan. Passing dibedakan menjadi dua: passing atas dan passing bawah.

Passing bawah. Passing bawah umumnya digunakan sehaligus sebagai pembendung srangan lawan yang menghunjam ke arah bawah.

Passing atas adalah passing yang sering digunakan untuk mengoper bola ke pemain penyerang atau smasher.

3. Smash

Smash merupakan pukulan keras yang dilakukan oleh seorang smasher dengan tujuan untuk menyarangkan bola ke daerah lawan tanpa bisa ditahan oleh lawan, hingga membuahkan poin nilai. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat melakukan smash: awalan, tolakan atau lompatan, pukulan,dan pendaratan kembali. Selain smash keras, ada pula smash yang sifatnya pura-pura; dalam arti bahwa smasher akan melakukan persiapan layaknya akan memukul dengan teknik smash namun ternyata hanya di-tip atau disentuh saja, sehingga membuat blocker lawan tertipu.

4. Blocking

Blocking merupakan teknik menghalangi serangan lawan (umumnya pukulan smash). Begitu melihat bola akan di-smash, seorang blocker akan meloncat sambilmenjulurkan kedua tangan urus ke atas di depan smasher untuk menghalangi bola.

Secara umum ada dua jenis blocking, yaitu blocking tunggal dan blocking ganda. Blocking tunggal adalah teknik blocking yang dilakukan satu orang pemain. Sedangkan blocking ganda dilakukan oleh dua atau lebih pemain. Demikian adalah 4 teknik dasar dalam permainan bola voli yang harus dipahami dan dikuasai oleh pemain bola voli. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Mengenal 4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendi Surahman

0 comments:

Post a Comment