Seputar informasi tentang aneka ragam olahraga

Tips Memilih serta Merawat Bola Voli Mikasa

Salah satu merek yang populer dan selalu kita ingat dari permainan bola voli adalah Mikasa. Mikasa seakan telah menjadi satu dengan olahraga voli. Mikasa sebenarnya adalah nama sebuah perusahaan peralatan olahraga dari Jepang. Perusahaan yang berdiri pada 1917 ini sebenarnya bukan hanya memproduksi bola voli saja, namun juga menghasilkan bola sepak, bola basket, bola polo air, serta bola tangan. Walau begitu, bola voli produksinya telah begitu terkenal sehingga Mikasa seolah telah menjadi sinonim dari bola voli. 




Tips Terbaik Dalam Merawat Bola Voli Mikasa

Bola voli Mikasa dikenal sangat awet walau sering digunakan. Walau begitu, agar tetap terjaga kita harus merawat dan menyimpan dengan baik. Berikut ini adalah beberapa cara agar bola voli Mikasa Anda tetap terjaga dan awet.

Selalu bersihkan bola sehabis digunakan.
 
Stelah digunakan untuk bertanding, bersihkan bola dengan air. Jika bola benar-benar kotor hingga terkena lumpur, maka gunakan sikat halus untuk membersihkan permukaannya hingga bersih. Bilas dengan air bersih dan seka permukaannya dengan kain bersih hingga kering. Anda tidak perlu menjemurnya di bawah terik matahari, cukup angin-anginkan saja. Harap diingat pula agar tidak terlalu lama merendam bola terlalu lama. 

Simpan bola voli dengan digantung

Jika Anda berencana untuk menganggurkan bola voli Anda untuk waktu yang cukup lama, simpan bola dengan cara menggantungnya dalam jaring wadahnya. Jika tidak dipakai, simpan bola menggunakan jaring dengan digantung. Menyimpan bola voli di lantai tidak disarankan, karena persentuhan langsung bola dengan lanti bisa mempengaruhi tekanan anginnya. Tetu saja jika tekanan anginnya tidak standar, permainan voli tidak akan bagus.

Pompa bola jika tekanannya berkurang. Bermain bola voli dengan bola kurang angin pastinya akan terasa berat. Jika tekanan bola voli berkurang, Anda bisa menambah angin dengan menggunakan pompa sepeda. Selain itu, terkadang bola voli bocor. Dalam kasus ini Anda bisa menambalkannya pada jasa penambal bola atau pada totok-toko olahraga yang menyediakan layanan penambalan bola. Walau begitu, harap Anda perhatian bahwa bola yang telah ditambal kualitasnya tidak akan seprima bola yang belum pernah ditambal.

Beberapa Tips Memilih Bola Voli Berkualitas
Mungkin pada saat ini Anda sedang menimbang-nimbang untuk membeli sebuah bola voli baru. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menentukan kualitas sebuah bola voli:

Kualitas kulit.
 
Bola voli yang bagus akan memiliki kualitas kulit permukaan yang bagus. Kulit permukaannya kencang dan tidak keriput. Bola yang memakai kulit umumnya berkualitas nomor satu, sementara kualitas nomor dua berupa semi plastik yang mudah robek jika tergores.
  
Warna bola.
 
Warna bola adalah unsur eksternal yang tidak terkait dengan kualitas bola. Namun warna sangat menentukan dalam permainan bola voli. Warna yang mencolok mata bisa memudahkan setiap pemain untuk melihat pergerakan bola selama dalam pertandingan.

Berat bola.

Setiap bola untuk cabang olahraga apapun memiliki bobot standar, termasuk bola voli. Bobot standar bola voli adalah sekitar 9-10 ons, dengan tekanan 4.5-6 pons. Oleh karena itu jika ada bola voli yang memiliki bobot dan tekanan yang demikian, Anda bisa mempertanyakan kualitasnya.
 
Kualitas pantulan bola.

Satu cara untuk mengetahui kualitas suatu bola voli adalah dengan memantulkannya ke lantai. Jika bola yang Anda jatuhkan ke lantai memantul lebih dari setengah ketinggian Anda menjatuhkannya, Anda bisa memastikan bahwa bola itu berkualitas baik. Kualitas pantulan ini sangat mempengaruhi permainan, terutama pada saat smash atau passing.

Demikian sedikit uraian tentang bola voli berkualitas Mikasa, perawatan bola voli, serta beberapa tips pemilihan bola yang baik. Semoga bermanfaat.

Tips Memilih serta Merawat Bola Voli Mikasa Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Hendi Surahman

0 comments:

Post a Comment